Gogirl! Review : Pop Writing Issue

Hap! Hap! Hap! Mengawali tahun 2013, gogirl! mengeluarkan issue seputar Pop Writing. Yes! issue yang digunakan oleh  gogirl!  bisa d...


Hap! Hap! Hap!

Mengawali tahun 2013, gogirl! mengeluarkan issue seputar Pop Writing. Yes! issue yang digunakan oleh gogirl! bisa dikatakan pas sekali. Saat ini makin banyak remaja indonesia yang menjadi gemar menulis. Entah  itu fiksi maupun non-fiksi.

Aneh loooo, entah kenapa setiap mengeluarkan issue-nya, selalu saja sesuai dengan apa yang saya alami. Dan itu sangat baik untuk saya. Contohnya gini, ketika saya suka-sukanya dengan jonas brothers eh muncul issue music & event dengan cover jonas brothers, terus ada pula businessgirl issue saat saya sedang mencari  seputar business, superwoman issue yang makin membuka pengetahuan saya seputar feminism movement. Dan sekarang pop writing issue yang sangat saya butuhkan saat ini!

Berikut ini akan saya review beberapa isi dari pop writing issue yang menjadi sorotan saya selama membaca. Mulai dari story of cover a.k.a ourcover, feature creative writing, hingga DIY yang jadi referensi saya. Langsung saja selamat membaca :)  


God! She`s soooo cute!! Pantas gogirl! jadiin sebagai cover first issue on 2013! Yes, kita bakal liat bareng-bareng kelanjutan dari kisah kelsey chow. On gogirl!-kah? I hope sooo :)

Nah, selanjutnya akan saya bahas salah satu feature gogirl! yaitu Creative Writing "non-fiction formula".

Creative writing berbeda dengan penulisan biasa. Menurut ibu Naning Pranoto (penulis buku “24 jam memahami creative writing”) proses penulisan kreatif cenderung memakai otak kanan sebagai sumber seninya. Contoh perbedaannya (dikutip dari buku Young on Top Campus Ambassadors – Billy Boen) :

Secara umum : belajarlah dari pengalaman.
Creative writing : pengalaman “salah” bisa membuat kita jadi lebih tajam lagi.

Mungkin sebelumnya kita mengira creative writing itu hanya untuk tulisan fiksi. Padahal sebenarnya creative writing juga untuk penulisan non-fiksi. Memang, dalam penulisan non fiksi banyak data dan fakta serta informasi – informasi yang harus dikumpulkan terlebih dahulu namun ketika tulisan ini dibuat dibutuhkan proses creative writing dengan ditambahkan imajinasi dan kreativitas agar tulisan semakin menarik! Contohnya buku Naked Traveler, Young on Top, hingga Your Journey to be the Ultimate U.

Okay tenang-tenang, biar lebih gampang berikut ini formula yang akan membantu kita ketika membuat creative writing. Formula ini harus bahkan wajib diingat looooo, supaya kemampuan kita menulis semakin terasah dan bisa menulis creative! 



So, if you want to know and learn about creative writing, you must read this january issue on gogirl!

Banyak banget artikel seputar creative writing yang dibahas didalam issue kali ini. Bahasa yang dipakai gampang diserap gak ada kesan menggurui. Creative writing yang disajikan dapat dilihat langsung didalam penulisan setiap issue yang ada di gogirl! Tersedia pula contoh – contoh creative writing yang simpel banget. Selain itu pula hampir disetiap artikel ada link – link terusan yang dapat dijadikan referensi dalam penulisan kreatif.

to be continued...


You Might Also Like

0 comments

Flickr Images