Dari Preppy sampai Moody Look

Setiap orang memiliki gaya mereka masing-masing dalam berpakaian. beruntung Sang Pencipta menciptakan perbedaan sedemikian rupa yang membua...

Setiap orang memiliki gaya mereka masing-masing dalam berpakaian. beruntung Sang Pencipta menciptakan perbedaan sedemikian rupa yang membuat dunia ini tampak lebih indah. Di sini saya mencoba berbagi kepada anda pengetahuan saya seputar gaya berpakaian. 

Gaya berpakaian secara tak sadar diperlukan bagi setiap orang meskipun orang tersebut bicara tak menyukai fashion dan lebih suka memakai apa saja pakaian yang ada dilemari pakaiannya. Tahukah anda? bahwa orang tersebut juga memiliki gaya yang ia tidak sadari. misalnya saya sebut gaya tersebut seadanya, ya gaya seadanya. apakah itu gaya berpakaian? saya sebut betul, gaya berpakaian merupakan ekspresi yang disampaikan si pemakai melalui pakaian yang ia kenakan. 

Gaya berpakaian dimulai dari preppy look, feminine look, semi-formal look, casual look, bohemian look,  androgyny look, moody look, dan masih banyak lagi. selanjutnya akan saya bahas berbagai gaya diatas satu-persatu. :)




Sebenarnya antara preppy look dan formal look sama-sama mencerminkan gaya rapi namun menurut saya preppy look cenderung dipakai oleh young people dibandingkan dengan formal look. kita bisa menemukan di setiap hari banyak orang-orang yang memakai formal look mulai dari usia muda sampai tua. preppy look memiliki beberapa ciri khas yaitu plaid, nampak dalam gambar berikut bisa ditemukan plaid hampir disetiap pribadi gambar entah itu topi, rok, maupun outwear. 


  




Bagi penggemar serial Gossip Girl, tentu sudah tak asing lagi dengan preppy look karena secara keseluruhan mereka menggunakan gaya tersebut. Dan juga gaya tersebut dekat dengan gaya anak sekolahan.




Tentunya, anda sudah tak asing lagi bukan dengan gaya yang satu ini. ya betul feminine look, gaya sebenarnya perempuan :) dari namanya saja sudah mencerminkan sisi perempuan. Gambar diatas menunjukkan style yang simple namun tetap menunjukkan sisi feminine istilahnya sih simple yet feminine.




Nah untuk gambar diatas, kenapa saya masukkan kedalam feminine look? karena salah satu outfit yang dikenakan adalah ballerina long skirt. gaya ini sebenarnya bisa dibilang basic, karena menurut saya feminine merupakan sentuhan setiap wanita. mau bagaimana pun gaya yang ia pakai sentuhan tersebut akan tetap terasa.

  




Kedua gambar diatas merupakan hasil padanan saya untuk feminine look. seperti yang saya katakan sebelumnya simple yet feminine. :)






Sekarang saatnya semi-formal look, kedua gambar diatas berada diantara zona formal look dan casual look. dari namanya pun sudah diketahui bukan? :) gambar pertama merupakan gabungan blouse ungu pendek berbunga dengan jeans, sebagai pelengkap ditambahkan big clutch warna senada dengan jeans, bracelet, watch, dan pump shoes yang senada dengan blouse. paduan blouse dan jeans-lah yang membuat pakaian ini semi-formal look. 


Untuk gambar kedua, sebenarnya lebih tepat dimasukan kedalam kategori formal namun berhubung pemakaian short pants di depan umum apalagi acara-acara yang bersifat formal masih jarang maka saya masukkan kedalam semi-formal look. tampak white blouse panjang dipadukan dengan black sequined short dengan tambahan black classic bag, watch, dan peep toe pump shoes. pakaian tersebut bisa dikatakan a little bit glamourous and simple chic. 



alexa chung in semi-formal look



alexa chung in casual look


Untuk casual look saya kira setiap orang merupakan user dari gaya ini. casual look merupakan gaya favorit banyak orang termasuk saya. dengan gaya ini saya tak perlu pusing-pusing memikirkan tema, just being casual! hehehe dan gaya yang satu ini pun sama seperti feminine look saya katakan sebagai gaya basic. casual look identik dengan santai dan sederhana. takkan bingung dengan gaya yang satu ini.




Seperti yang saya ungkapkan sebelumnya gaya ini santai dan sederhana, tampak pada gambar di atas model tersebut hanya memakai t-shirt belang-belang dipadukan dengan long skirt, pelengkapnya hanya wedges dan kacamata. :)


   


Gambar diatas menurut saya cocok dipakai untuk beraktivitas di kampus. black sweater dengan potongan tak biasa dipadukan dengan brown jean dilengkapi brown handbag, tennis shoes dan jam tangan. saya bilang sih perfect! nyaman sekali bila memakai outfit seperti ini. 




Untuk yang satu ini cocoknya untuk weekend. :) outfit ini terdiri dari crop tank bermotif dipadukan dengan maxi skirt. sebagai pemanisnya ditambahkan tas dan sandal senada, jam tangan dan cincin yang senada dengan skirt.




Sekarang saya akan membahas bohemian look. gambar diatas cukup mewakili dari gaya tersebut. setahu saya gaya ini juga disebut sebagai gypsi look karena jenis pakaian yang dipakai cenderung lebih besar dari ukuran si pemakai. contohnya pada gambar diatas memakai terusan putih dengan bagian tangan membesar lalu berkerut dipergelangan tangan. selain itu tampak pada gambar memakai alas kaki datar.




Bohemian look ini memiliki ciri dalam outfitnya, yaitu fringe yang ada pada tank top diatas, tie dye, maxi top or bottom, feather yang sering ditemukan sebagai aksesoris entah itu kalung maupun anting. pada gambar diatas tampak white tank fringe, tie dye long skirt, handbag anyam, earrings necklace feather, dan sandal. buat perempuan berkerudung tidak ada salahnya memakai outfit  ini. :) 
  


    


Sebagai perempuan itu enak apalagi dalam urusan berpakaian seperti ini. perempuan memiliki kebebasan untuk memadu-padankan pakaian sebagai identitas diri. perempuan bisa mengambil referensi dari gaya para lelaki sehari-hari tanpa cemas kehilangan identitas seperti para lelaki jika menggunakan outfit perempuan seperti skirt atau dress bisa-bisa menjadi salah penafsiran dimata masyarakat.hehe

Gaya inilah yang disebut sebagai androgyny look yaitu pencampuran gaya antara perempuan dan lelaki. ciri khasnya tentu saja outfit para lelaki seperti boy jeans, tie, biker boots, fedora hat, dan masih banyak lagi. gambar diatas merupakan beberapa dari sekian banyaknya androgyny look.




Androgyny look bisa dipakai untuk mengekspresikan sisi maskulin seorang perempuan. seperti outfit diatas tampak The Beatles t-shirt dipadukan dengan leather skinny pants, fedora hat, biker boots, watch dan messenger bag. sekali-kali cobalah gaya seru seperti ini. :)



mary-kate dan ashley olsen


Moody look merupakan bahasan terakhir pada tulisan ini. sebenarnya tak ada penjelasan yang gamblang. menurut saya gaya ini dipakai untuk mengekspresikan perasaan kita pada saat itu juga. setiap gaya mendeskripsikan perasaan namun moody look lebih bersifat spontan. seperti gambar diatas, tampak mary-kate dan ashley olsen sangat mengekspresikan mood mereka lewat pakaian yang dikenakan. mary-kate yang terkenal dengan messy look-nya seolah-olah menyampaikan bahwa dia tak memperdulikan apapun pembicaraan oranglain, yang penting dia merasa nyaman dengan dirinya, baju terusan denim dengan tote bag, loafer shoes dan kacamata. begitupun dengan kembarannya ashley olsen tampak asyik dengan aktivitasnya sendiri, outfit yang digunakan terkesan lebih rapi dibandingkan mary-kate.

Untuk gaya yang satu ini jangan pernah takut, karena tidak ada batasan, jadi lebih banyak ruang untuk berekspresi. :)

Inginnya sih bahas semua gaya yang saya ketahui, namun saya yakin pembahasan ini tidak akan pernah selesai. saya tulis sebagian saja sebagai referensi agar kita bisa menemukan gaya yang lain. tak ada larangan untuk mencampur berbagai gaya, semua bebas! :) karenaitulah saya menyukai fashion. :)

Semua gambar yang tersaji pada postingan ini berasal dari polyvore dan google :)




You Might Also Like

0 comments

Flickr Images